Produktif

23:46:00

Setelah 1 tahun lebih saya merasakan pahit manisnya dunia kerja, saya jadi tahu betapa berharganya waktu. Dulu sewaktu menyandang status sebagai mahasiswa, saya sering sekali membuang waktu untuk hal yang tidak membangun diri saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Efeknya saya rasakan ketika saya lulus kuliah. Saya seharusnya bisa mencapai IPK lebih dari yang saya dapatkan saat itu. Sayang waktu tidak dapat diputar kembali bak sebuah CD lagu yang dapat di rewind. 

Sumber: Unsplash


Sekarang ketika berada di dunia kerja, saya belajar untuk mengatur waktu saya (perlu ditekankan: masih belajar :p). Berapa menit saya menghabiskan waktu ketika jam istirahat, mengobrol dengan teman sekerja dll. Ketika saya membuang waktu dengan percuma di tempat pekerjaan saya, bayangan masa lalu ketika kuliah selalu lewat di pikiran saya. "Jika saja saya menggunakan waktu saya dengan baik saat itu, maka saya.... "

Kebanyakan pekerja Indonesia sudah terbiasa dengan hal yang namanya 'mencuri' waktu (termasuk saya) Mencuri waktu itu seperti apa sih? Ketika jam istirahat sudah berakhir, alih-alih melanjutkan pekerjaan si sang pekerja malah nonton film atau drama korea (ini sih saya banget :p), streaming youtube, gosip, makan di luar sampai berjam-jam, main game, baca majalah dan lain sebagainya. Bukannya ngga boleh melakukan hal tersebut tetapi kalau dilakukannya selama jam kerja, bukankah itu salah? Bukankkah itu membuang waktu produktif kita? Bukankah hal tersebut juga yang dinamakan korupsi? Korupsi itu tidak selamanya tentang uang kan?

Yuk, kita gunakan waktu kita sebagai pekerja dengan sebaik-baiknya. Jangan buang waktu produktif kita dengan percuma. Jangan sampai menyesal seperti saya. Seharusnya banyak hal yang bisa saya buat selama saya berstatus mahasiswa tapi nyatanya hanya sedikit saya. Sekarang waktunya menjadi manusia produktif, menggunakan waktu dengan arif dan nantinya bisa menghasilkan karya yang kreatif dan inovatif!


Semangat wahai pekerja!


"Sekarang waktunya menjadi manusia produktif, menggunakan waktu dengan arif dan nantinya bisa menghasilkan karya yang kreatif dan inovatif!"

You Might Also Like

0 comments

Give Me Your Comment