Mengurus Visa Inggris (UK)

11:04:00

"Mending lo cicil buat visa dari sekarang deh. Banyak banget dokumen yang perlu disiapin." Begitu pesan teman saya ketika dia mengetahui saya mendapatkan scholarship untuk menghadiri conference di Inggris. Saran teman saya ini, tidak langsung saya hiraukan karena saya harus mendapatkan izin terlebih dahulu dan keluarga saya. Setelah saya mendapatkan izin, barulah saya memberanikan diri untuk mengurus visa Inggris.

Mengurus visa Inggris tanpa bantuan biro jasa/travel itu sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan asalkan kita mau sedikit berkorban untuk mengurus dokumen yang semuanya harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.


Banyak dokumen yang perlu dipersiapkan di antaranya:

1. Surat sponsor dari tempat kalian bekerja

Surat ini memuat keterangan kalau kalian bekerja di kantor tersebut, memiliki uang yang cukup selama berada di Inggris dan akan kembali setelah selesai berkunjung. Jangan lupa untuk mengingatkan bapak/ibu HRD agar membuatkan dokumen ini dalam bahasa Inggris.

Contoh surat sponsor saya ada di sini ya (berhubung kemarin tidak sempat scan dokumen aslinya, jadi yang ada di sini dokumen yang sudah saya gandakan ya)


2. 3 lembar pas foto 3.5cm x 4.5cm (passport-sized)

Sebenarnya sih yang dibutuhkan hanya dua lembar foto tetapi tidak ada salahnya kan mencetak lebih. Siapa tahu suatu saat akan terpakai saat kalian ingin ke Inggris atau ke luar negeri lagi. Oh ya, untuk masalah cetak mencetak foto, saya mempercayakan pada ahlinya, Immanuel Foto. Kebetulan anak dari pemilik Immanuel Foto ini adalah teman saya. Hasil fotonya oke kok dan yang paling penting harganya murah. By the way, jangan senyum dan terlalu banyak gaya ya kalau mau foto untuk visa karena pose yang diterima harus pose natural.

Alamat Immanuel Foto:  Jl. Raya Pasar Minggu No.23, RT.13/RW.1, Pejaten Tim., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

3. Surat referensi bank tempat kalian menabung

Tidak semua bank bisa mengeluarkan surat referensi untuk mengurus visa. Dari pengalaman saya, hanya bank besar saja seperti BCA, BNI, BRI dan bank Mandiri saja yang bisa mengeluarkan surat referensi. Jangan lupa minta pihak bank untuk membuatkannya dalam bahasa Inggris (tapi biasanya tanpa diminta pihak bank biasanya sudah tahu sih dokumen ini harus dibuat dalam bahasa Inggris). Iman saya cukup diuji ketika mengurus surat referensi bank ini. Bank tempat saya menabung, BCA, memang biasa mengeluarkan surat referensi untuk visa tetapi karena jenis tabungan saya (tabunganku) bukan tabungan biasa, saya tidak bisa membuat surat referensi yang saya perlukan. Akhirnya saya memasukkan uang saya ke rekening tahapan kakak saya, di BCA dan meminta surat referensi atas rekening kakak saya kalau nantinya uang yang ada di rekening dia akan digunakan untuk membiayai perjalanan saya ke UK. Untuk nominal berapa uang yang harus ada di rekening, kalian bisa sesuaikan dengan budget kalian yang kalian ceritakan saat mengisi aplikasi visa online. Pengerjaan surat ini tidak cepat ya, setidaknya saya harus menunggu 3 hari dan membayar uang adminstrasi sebesar 50.000 IDR.

Ini contoh surat referensi yang saya pakai kemarin:




4. Fotokopi bukti keuangan minimal 3 bulan terakhir

Dalam hal ini saya melampirkan slip gaji saya. Sekali lagi saya ingatkan dokumen ini juga perlu diterjemahkan dalam bahasa Inggris ya. Kalau di kantor saya slip gaji itu sebenarnya dalam bahasa Indonesia, saya sebenarnya sedikit kaget kalau akhirnya visa UK saya diterima. Kalau menurut seseorang yang pernah mengurus visa UK juga, kalian juga bisa mencetak rekening koran kok sebagai bukti keuangan kalian menimal 3 bulan terakhir.

5. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris

Yang menerjemahkan dokumen yang barusan saya sebutkan di atas tidak boleh kalian sendiri loh. Dokumen tersebut harus diterjemahkan oleh penerjemah yang sudah tersumpah. Kalau saya mempercayakannya pada Worldnet Translation. Kalian tinggal scan dokumen yang ingin diterjemahkan dan kirim ke worldnet.andrew@gmail.com. Kalau dokumennya sudah selesai diterjemahkan, kalian bisa mengambil langsung dokumennya di kantor worldnet atau meminta mereka untuk mengirimkan dokumennya via pos. Untuk biaya terjemahannya, saya menghabiskan 180.000 IDR.


6. Print out ticket

Untuk masalah print out tiket pesawat, saya meminta bantuan salah satu teman saya yang mempunyai tour and travel. Dia memesankan tiket pesawat pulang pergi ke London dengan satu kali transit dan print out tiketnya dikirimkan ke email saya. Kalian tidak perlu membeli tiket beneran kok untuk membeli tiket pesawat. Pesan saja dulu karena kalau kalian sudah beli tiket dan ternyata visa kalian ditolak gimana?

7. Print out tanda booking hotel 

Kalau untuk booking hotel, kalian tinggal cari di booking.com. Pilih penginapan yang murah dan bagus, pesan dan print tanda bookingnya. Jangan khawatir untuk kena biaya charge kalau tidak jadi menginap di situ karena booking.com free cancelation kok. Saya berkali-kali pesan hotel di situ tetapi pada akhirnya pilihan saya jatuh di airbnb. Kalau pesan pakai airbnb, kalian akan dikenakan biaya cancelation kalau misalnya kalian tidak jadi menginap di tempat yang sudah kalian pesan. Kalau saya lebih prefer ke airbnb untuk tempat tinggal selama di UK karena saya bisa hidup seperti orang local dan yang paling penting bisa hemat biaya makan. Rata-rata rumah/flat yang disewakan di airbnb menyediakan fasilitas dapur kok. Kalau untuk mengurus visa, booking.com saja lah ya.


8. Print out surat undangan conference 

Karena saya di sana saya bukan sepenuhnya untuk liburan, saya perlu melampirkan dokumen yang satu ini, surat undangan conference yang diadakan oleh IATEFL. Apa itu IATEFL? Coba baca postingan sebelumnya ya.

Dokumen ini sangat menolong agar visa UK yang saya buat, diterima oleh pihak kedutaan Inggris.



9. Paspor yang masih berlaku (minimal 6 bulan)

Honestly, pengalaman ke UK kemarin itu adalah kali pertama saya keluar negeri. Paspor saya juga baru dibuat bulan Oktober tahun kemarin. Saya sampai speechless ketika saya melihat paspor saya sudah ditempeli visa UK. Paspor kosong ternyata tidak menghambat saya untuk pergi keluar negeri ya.


Setelah dokumen semua tersedia. Waktunya mengisi aplikasi visa online di Visa4 UK. Buat akun terlebih dahulu klik Register an Account > Isi Personal Details > Isi Address Details > Buat Login Password. Setelah itu nanti akan dikirmkan email verifikasi dari email yang didaftarkan di website tersebut. Setelah mendapatkan email verifikasi, log in dengan email dan password yang tadi sudah didaftarkan dan kalian sudah bisa apply visa for yourself (apply for myself).



Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengisi aplikasi visa online ini: 

1. Jenis visa yang diinginkan.

Saya sampai mengurus ulang visa saya karena saya salah mengisi jenis visa yang saya inginkan. Kalau untuk menghadiri acara besar seperti conference ini disarankan pilih General Visit Visa.

2. Memberikan informasi dengan jelas

3. Membuat janji pertemuan dan mencetak surat janji pertemuan tersebut

4. Membayar aplikasi visa online

Untuk urusan yang satu ini, hanya satu yang diperlukan: Credit Card. 

5. Mencetak aplikasi visa online dan appointment letter


6. Mendatangi kantor VFS di Kuningan City Mall sesuai janji

Kalau masih ada informasi yang kurang lengkap tentang bagaimana mengurus visa Inggris, monggo mampir ke blognya kak Arif Rahman, salah satu traveller yang pernah ke Inggris. He's so helpful. Informasi yang dia berikan di blog itu cukup detail kok.

Semoga informasi yang saya bagikan ini dapat membantu ya teman-teman. Selamat mempersiapkan liburan!




P.S: Untuk teman-teman yang sudah berkunjung ke sini, jangan lupa follow blog ini dan kasih komentar ya.....

You Might Also Like

12 comments

  1. Hi Dewi. Mau nanya, apakah terjemahan KTP, KK dan Akta Lahir itu memang diperlukan? Krn dua orang teman saya tidak mentranslate dokumen tersebut dan tetap lolos VISA UK :s

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas mba :( baru liat ada comment. Btw temen mba kapan buat visanya? Setau saya sih musti ditranslate ya mba. Semua dokumen kita yang tidak dalam bahasa Inggris musti ditranslate mba. https://www.gov.uk/government/uploads/system/uploads/attachment_data/file/549692/Visitor_Supporting_Documents_Guide_-_English_version.pdf

      Kalau masalah lolos atau tidak lolos itu sebenarnya untung2an juga sih :p Mungkin teman mba sedang beruntung hehehe

      Delete
  2. mbak dewi ini pilihan visa nya kok sudah nda ada standar visitor ya? saya mau ke uk ada acara conference mbak, saran jenis visanya apa ? apakah kunjungan bisnis(akademik) ? mohon saran nya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. General visit visa mas yang utk tourist (berlakunya 6 bulan). Jangan apply yang bisnis akademik karena biaya pembuatannya juga lebih mahal. Btw, dari panitia conferencenya sudah ada surat kan ya?

      Delete
    2. oh gitu, jadi pilih yang bisnis biasa aja ya? soalnya skg sudah tidak ada pilihannya general visitor atau standar visitor lagi wkwk adanya tourism,bisnis(ada macam2, ada yang biasa, akademik, olahrga dsb), child, diplomatic dll mbak. ini kalau saya visa bisnis tapi acara konferensinya kan cuma 3 hari, nah itu tiket pulang perginya lebih dari 3 hari, itu gimana ya? apa pakai visa tourist biasa aja? tapi ngasih surat undangan juga?

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. kalau begitu yang tourism mas.

      Delete
  3. terimakasih banyak mbak dewi. sukses terus

    ReplyDelete
  4. Hallo Kak Dewi. Mau nanya, waktu itu berapa lama waktu memproses visa inggris nya? Maksudnya dari masukin aplikasi sampe visa nya keluar itu berapa lama. Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, maaf baru balas. Kurang lebih seminggu ngurus visanya.

      Delete
  5. Kak Mau tanya kalo misal saya pakai tabungan Ayah saya namun itu bank daerah gmn bisa lolos tdk ya? bank Reference sudah bs dicetak kök. Namun apa harus bank smcm BCA,BRİ, Mandiri? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting saldonya bisa meyakinkan kedutaan kalau dananya cukup membiayai mba selama di UK.

      Delete

Give Me Your Comments!